Jenis-Jenis Madu dan Khasiatnya


Selamat malam sobat CDMchannel  pada artikel ini admin akan sedikit membahas soal madu. Madu merupakan cairan yang  kental dan rasanya manis, yang berasal dari sari bunga yang di kumpulkan oleh lebah. Seperti yang kita ketahui, madu banyak sekali manfaatnya, seperti untuk kesehatan dan kecantikan.

Apa itu madu???

Apa saja jenis madu???

Khasiat dari madu apa sih???

 

Jenis-Jenis Madu dan Khasiatnya

Dari ketiga pertanyaan diatas, kita akan bahas satu persatu. Semoga menjadi informasi buat sobat yang sedang membaca artikel ini.

APA ITU MADU??? 

Madu adalah cairan yang berasal dari nektar bunga yang di kumpulkan oleh lebah/serangga. Madu umumnya berasa manis dan mempunyai tekstur kental berwarna kuning. Namun madu juga ada yang berasa pahit seperti madu mahoni (madu dari nektar bunga mahoni).

JENIS-JENIS MADU

Di Indonesia sendiri memiliki banyak berbagai macam jenis madu, mulai dari madu hutan atau madu yang berasal dari hutan liar, sampai madu yang di budidaya. Madu mempunyai rasa yang berbeda, tergantung dari sumber nektar yang di hinggapi lebah. Berikut beberapa jenis madu yang ada di Indonesia:

MADU KOPI => Merupakan jenis madu yang berasal dari nektar bunga kopi. Madu kopi mempunyai rasa dan aroma yang khas. Biasanya madu kopi di hasilkan dari lebah yang sengaja di budidaya di dekat perkebunan kopi, agar nektar yang di hasilkan lebah berasal dari bunga kopi yang ada di sekitarnya.

MADU HUTAN => Merupakan madu yang berasal dari lebah yang mempunyai sarang di dalam hutan. Karena jenis lebah ini berada di hutan, jadi nektar yang terkumpul adalah lebih dari satu jenis bunga. Madu hutan mempunyai rasa yang manis dan sedikit asam. Mempunyai tekstur yang kental dan sedikit berwarna kuning gelap.

MADU KELENGKENG => Merupakan jenis madu ternak yang dihasilkan dari nektar bunga kelengkeng. Biasanya peternak madu mengembala lebah mereka dekat pohon kelengkeng yang sedang berbunga. Madu kelengkeng bisa di katakan madu musiman, karena lebah hanya bisa menghisap bunga klengkeng saat musim nya saja.

MADU KARET => Adalah jenis madu yang dihasilkan lebah yang menghisap bunga karet. Rasa dari madu karet umumnya manis dan berwarna kuning .

MADU TRIGONA => Adalah madu yang di hasilkan oleh lebah yang ada di Sulawesi. Keunggulan madu Trigona adalah lebih banyak menghasilkan propolis dibanding jenis madu lainnya.

MADU HUTAN SUMBAWA => Adalah madu liar yang berasal dari hutan Sumbawa. Biasanya lebah menempelkan sarang nya di pohon bidara yng ada di hutan-hutan Sumbawa.

KHASIAT MADU UNTUK KESEHATAN

Madu asli mengandung bahan-bahan yang bisa membunuh bakteri, anti mikroba yang dimiliki madu sangat kuat dibanding anti biotik yang ada di apotik. Madu bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti diare kronis, darah tinggi, insomnia, menambah napsu makan, luka bakar, memperlancar sirkulasi darah, dan meningkatkan daya tahan tubuh.
Jika madu di konsumsi secara teratur dan terus-menerus akan meningkatkan efek kekebalan tubuh, sehingga orang yang rajin mengkonsumsi madu secara teratur akan terhindar dari berbagai jenis penyakit.
Namun jika sobat membeli madu harus teliti, karenya dipasaran banyak beredar manu palsu dan sudah tidak alami. Sebelum membeli lihat dulu keasliannya dengan cara cek madu asli.

Kandungan yang terdapat dalam madu asli adalah:
Vitamin-Mineral, Protein, Zat hidrat arang, Hormon, Antibiotik dan trace Elemen.Vitamin A,semua jenis vitamin B kompleks, beta caroten, Vitamin C,D,E dan K. Mineral dalam bentuk garam: Mg, S, Fe, Ca, Cl, K, Y, Na, Cu, dan Mn.

 Beriktu tabel nutrisi dari madu asli :



0 Response to "Jenis-Jenis Madu dan Khasiatnya"

Post a Comment

Komentar anda sangat kami tunggu, silahkan ketik disini: