Tips Agar Tubuh Tidak Dehidrasi Saat Berpuasa Di Bulan Ramadhan

Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh kita terdiri dari 60% sampai 70% kandungan air. Tanpa asupan air yang cukup ke dalam tubuh maka tubuh akan terasa tidak nyaman, bahkan akan menimbulkan dehidrasi. Banyak nya aktifitas seharian akan memicu keluarnya keringat dan mengakibatkan dehidrasi dengan gejala dini akan terasa haus.

Tips Agar Tubuh Tidak Dehidrasi Saat Berpuasa Di Bulan Ramadhan
Salah satu cara agar terhindar dari dehidrasi adalah menerapkan pola minum yang teratur sebagaimana yang di anjurkan oleh dokter kesehatan yaitu paling tidak kita harus minum 8 gelas per hari. Tapi rasanya kalo di hari-hari biasa kita bisa minum lebih dari 8 gelas. Bayangkan saja jika habis berolahraga kita minum berapa gelas? ditambah setelah makan, dan di antara aktifitas lainya. Pasti akan bertemu dengan air minum.

Namun bagaimana jika kita sedang berpuasa, mungkinkah kita bisa mengkonsumsi air seperti hari-hari biasa? Kan waktu makan nya cuma 10 jam itupun terpotong oleh waktu tidur???

Anda tidak perlu khawatir terjadi dehidrasi saat berpuasa, karena para dokter sudah mempunyai pola minum yang bisa kita terapkan. Agar selama berpuasa tidak kekurangan cairan, anda dapat menerapkan pola minum 2-4-2 yang artinya 2 gelas pas berbuka + 4 gelas dimalam hari sebelum tidur + 2 gelas di waktu sahur.

Dengan menerapkan pola minum seperti diatas, maka tubuh tidak akan kekurangan cairan selama berpuasa. Tapi perlu di ingat juga selama berpuasa sebaiknya hindari aktifitas berat yang memicu dehidrasi agar tubuh tetap terjaga dan sehat.

Sekian tips sederhana kali ini, semoga bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa :)

0 Response to "Tips Agar Tubuh Tidak Dehidrasi Saat Berpuasa Di Bulan Ramadhan"

Post a Comment

Komentar anda sangat kami tunggu, silahkan ketik disini: